Pengertian Algoritma, Coding, Source Code dan Type Data
Apa itu Algoritma?
Algoritma adalah prosedur atau langkah terurut mulai dari awal sampai akhir dan terstruktur dalam perhitungan.
Apa itu Coding?
Coding adalah proses pengetikan memasukan bahasa pemrograman baik berupa angka maupun huruf kedalam sebuah compiler untuk membuat suatu program.
Apa itu Source Code?
Source Code adalah Code atau kumpulan sintak-sintak bahasa pemrogaraman yang terbaca manusia.
Apa itu Paradigma?
Paradigma adalah cara pandang seseorang menurut sudut pandangnya sendiri yang akan berpengaruh terhadap lingkungannya.
Apa itu Type Data?
Type Data adalah suatu nilai yang dapat diolah oleh komputer untuk kebutuhan pemrograman komputer.
====================================================================================================================
JUDUL : Menentukan Jumlah Kramik Yang Digunakan Dalam Pembangun Sebuah Rumah Kost
====================================================================================================================
KAMUS :
//Panjang Ruangan
PnjRumah <- Real
PnjKm1 <- Real
PnjKm2 <- Real
PnjKmVIP <- Real
PnjKmd <- Real
PnjDpr <- Real
//Lebar Ruangan
LbrRumah <- Real
LbrKm1 <- Real
LbrKm2 <- Real
LbrKmVIP <- Real
LbrKmd <- Real
LbrDpr <- Real
//Luas Ruangan
LRumah <- Real
Lkm1 <- Real
Lkm2 <- Real
LkmVIP <- Real
Lkmd <- Real
LDpr <- Real'
LKrmik <- Real
LSpace <- Real
//Panjang Kramik
PnjKrmik1 <- Real
PnjKrmik2 <- Real
PnjKrmik3 <- Real
PnjKrmik4 <- Real
//Lebar Kramik
LbrKrmik <- Real
LbrKrmik1 <- Real
LbrKrmik2 <- Real
LbrKrmik3 <- Real
LbrKrmik4 <- Real
//Luas Kramik
LKrmik1 <- Real
LKrmik2 <- Real
LKrmik3 <- Real
LKrmik4 <- Real
//Jumlah Keramik yang dibutuhkan dalam ruangan
KrmikKm1 <- Real
KrmikKm2 <- Real
KrimkKmVIP <- Real
KmrikKmd <- Real
KrmikDpr <- Real
KrmikSpace <- Real
//Jumlah Dus Kramik yang dipakai
JmlDus1 <- Real
JmlDus2 <- Real
JmlDus3 <- Real
JmlDus4 <- Real
//Jumlah Dus Kramik yang dibutuhkan atau dibeli
JmlDusBli1 <- Real
JmlDusBli2 <- Real
JmlDusBli3 <- Real
JmlDusBli4 <- Real
//Jumlah Keramik
JmlKrmik1 <- Real
JmlKrmik2 <- Real
JmlKrmik3 <- Real
JmlKrmik4 <- Real
//Isi perdus kramik
DusKrmik1 <- Real
DusKrmik2 <- Real
DusKrmik3 <- Real
DusKrmik4 <- Real
//Sisa Kramik perdus yang digunakan
SKrmik1 <- Real
SKrmik2 <- Real
SKrmik3 <- Real
SKrmik4 <- Real
====================================================================================================================
Deskripsi :
//Rumah
PnjRumah = 1000
LbrRumah = 900
//Ruangan Kamar 1
LbrKm1 = 300
PnjKm1 = 300
//Ruangan Kamar 2
LbrKm2 = 300
LbrKm2 = 300
//Ruangan Kamar VIP
LbrKmVIP = 300
PnjKmVIP = 400
//Ruangan Kamar Mandi
LbrKmd = 200
PnjKmd = 300
//Ruangan Dapur
LbrDpr = 300
PnjDpr = 500
//Ukuran Kramik 1
PnjKrmik1 = 30
LbrKrmik1 = 30
//Ukuran Kramik 2
PnjKrmik2 = 10
LbrKrmik2 = 20
//Ukuran Kramik 3
PnjKrmik3 = 25
LbrKrmik3 = 30
//Ukuran Kramik 4
PnjKrmik4 = 25
LbrKrmik4 = 60
//Jumlah isi kramik perdus
DusKrmik1 = 12
DusKrmik2 = 20
DusKrmik3 = 6
DusKrmik4 = 4
----------------------------------------------------------------------------
//Hitung Luas Rumah
LRumah = PnjRumah x LbrRumah
Output ("Luas Rumah adalah....cm persegi")
//Hitung Luas Kamar 1
LKm1 = PnjKm1 x LbrKm1
Output ("Luas Kamar satu adalah...cm persegi")
//Hitung Luas Kamar 2
Lkm2 = PnjKm2 x LbrKm2
Output (Luas Kamar dua adalah...cm persegi")
//Hitung Luas Kamar VIP
LkmVIP = PnjKmVIP x LbrKmVIP
Output ("Luas Kamaar VIP adalah...cm persegi")
//Hitung Luas Kamar Mandi
LKmd = PnjKmd x LbrKmd
Output ("Luas Kamar Mandi adalah...cm persegi")
//Hitung Luas Dapur
LDpr = PnjDpr x LbrDpr
Output ("Luas Dapur adalah...cm persegi")
//Hitung Luas Space
LSpace = LRumah - (LKm1 + LKm2 + LKmVIP + LKmd + LDpr)
Output ("Luas Ruang Space adalah...cm persegi")
----------------------------------------------------------------------------
//Hitung Luas Kramik 1
LKrmik1 = PnjKrmik1 x LbrKrmik1
//Hitung Luas Kramik 2
LKrmik2 = PnjKrmik2 x LbrKrmik2
//Hitung Luas Kramik 3
LKrmik3 = PnjKrmik3 x LbrKrmik3
//Hitung Luas Kramik 4
LKrmik4 = PnjKrmik4 x LbrKrmik4
----------------------------------------------------------------------------
//Jumlah Keramik yang dibutuhkan Kamar 1
KrmikKm1 = LKm1 / LKrmik1
Output ("Jumlah kramik yang dibutuhkan kamar 1 adalah...buah")
//Jumlah Keramik yang dibutuhkan Kamar 2
KrmikKm2 = Lkm2 / Lkrmik1
Output ("Jumlah kramik yang dibutuhkan kamar 1 adalah...buah")
//Jumlah Keramik yang dibutuhkan Kamar VIP
KrmikKmVIP = LkmVIP / LKrmik1
Output ("Jumlah kramik yang dibutuhkan kamar VIP adalah...buah")
//Jumlah Keramik yang dibutuhkan Kamar Mandi
KrmikKmd = Lkmd / Lkrmik2
Output ("Jumlah kramik yang dibutuhkan kamar Mandi adalah...buah")
//Jumlah Kramik yang dibutuhkan Dapur
KrmikDpr = LDpr / LKrmik3
Output ("Jumlah Kramik yang dibutuhkan Dapur adalah...buah")
//Jumlah Kramik yang dibutuhkan Ruangan Space
KrmikSpace = LSpace / LKramik4
Output ("Jumlah Kramik yang dibutuhkan Ruangan Space adalah...buah")
----------------------------------------------------------------------------
//Jumlah Keramik 1 yang digunakan
JmlKrmik1 = KrmikKm1 + KrmikKm2 + KrmikKmVIP
Output ("Jumlah kramik 1 yang digunakan adalah...buah")
//Jumlah Keramik 2 yang digunakan
JmlKmrik2 = KrmikKmd
Output ("Jumlah kramik 2 yang digunakan adalah...buah")
//Jumlah Keramik 3 yang digunakan
JmlKrmik3 = KrmikDpr
Output ("Jumlah kramik 3 yang digunakan adalah...buah")
//Jumlah Keramik 4 yang digunakan
JmlKrmik4 = KrmikDpr
Output ("Jumlah kramik 4 yang digunakan adalah...buah")
----------------------------------------------------------------------------
//Jumlah Dus Kramik 1 yang dibeli
JmlDus1 = JmlDusBli1
if JmlKrmik1 > DusKrmik1
{
then JmlDusBli1 + 1
}
Output ("Jumlah DUs kramik 1 yang dibeli...dus")
//Jumlah Dus Kramik 2 yang dibeli
JmlDus2 = JmlDusBli2
if JmlKrmik2 > DusKrmik2
{
then JmlDusBli2 + 1
}
Output ("Jumlah DUs kramik 2 yang dibeli...dus")
//Jumlah Dus Kramik 3 yang dibeli
JmlDus3 = JmlDusBli3
if JmlKrmik3 > DusKrmik3
{
then JmlDusBli3 + 1
}
Output ("Jumlah DUs kramik 3 yang dibeli...dus")
//Jumlah Dus Kramik 4 yang dibeli
JmlDus4 = JmlDusBli4
if JmlKrmik4 > DusKrmik4
{
then JmlDusBli4 + 1
}
Output ("Jumlah DUs kramik 4 yang dibeli...dus")
----------------------------------------------------------------------------
//Jumlah sisa Kramik 1 yang dibeli
Skrimk1 = (DusKrmik1 * JmlDus1) - JmlKrmik1
Output ("Sisa Kramik 1 adalah...buah")
//Jumlah sisa Kramik 2 yang dibeli
Skrimk2 = (DusKrmik2 * JmlDus2) - JmlKrmik2
Output ("Sisa Kramik 2 adalah...buah")
//Jumlah sisa Kramik 3 yang dibeli
Skrimk3 = (DusKrmik3 * JmlDus3) - JmlKrmik3
Output ("Sisa Kramik 3 adalah...buah")
//Jumlah sisa Kramik 4 yang dibeli
Skrimk4 = (DusKrmik4 * JmlDus4) - JmlKrmik4
Output ("Sisa Kramik 4 adalah...buah")
====================================================================================================================
Postingan ini berkaitan dengan tugas Algoritma Pemrograman
Universitas Dian Nuswantoro
0 Response to "Pengertian Algoritma, Coding, Source Code dan Type Data"
Post a Comment